Siomay Bandung NCC by Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum….Dear ibu ibu Admin, saya setor lagi ya salah satu menu anti gagal dari NCC. Resep ini saya dapat dari millis NCC, jaman belum banyak smartphone, hp saya pun hanya sekedar telepon dan sms saja. Jadi saya ke warnet untuk buka email dan selalu bawa kertas untuk catat resep. Saya kliping semua resep yang berhasil saya catat. Masih ingat dulu yang saya coba pertama kali adalah siomay bandung NCC ini lah. Dan ternyata resep ini andalan untuk keluarga kecil saya. Di keluarga saya menerapkan “one day no rice” membantu pemerintah mengurangi konsumsi nasi. Alhamdulillah ketika di bawakan untuk bekal snack time anak saya, respon nya berlanjut pada order dan akhir nya saya berjualan siomay bandung ini dalam bentuk beku. Di dukung daerah tempat tinggal saya penghasil labu siam. Karena sering buat untuk sendiri dan di jual sampai hafal resep nya. Buat nya mudah tinggal mencampur tidak perlu blender atau food processor.
Resep Siomay Bandung NCC
Bahan bahan
500 gr daging ikan tenggiri. Saya beli ikan tenggiri utuh, belah 2 dari kepala sampai buntut. Tinggal di sendokin daging nya, mudah koq.
1sdm bawang putih halus
2sdm bawang merah halus
2 sdt lada halus
3 butir telur ayam,kocok lepas
400 gr labu siam, parut kasar
450 gr sagu tani(saya pakai sagu biasa)
1 sdt chicken powder(saya tidak pakai)
1 sdt minyak wijen(saya ganti minyak goreng,karena saya tidak suka aroma minyak wijen)
3 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 bungkus kulit siomay rebus siap pakai
1/2 buah wortel,parut untuk hiasan.
Cara membuat nya
Dalam wadah, campur ikan tenggiri, telur, bumbu halus,garam gula dan lada halus. Aduk sampai rata.
Masukkan labu siam, minyak goreng. Aduk sampai rata.
Masukkan tepung sagu, Aduk sampai rata. Jangan terlalu lama mengaduk tepung sagu, nanti siomay nya alot. Cukup tercampur rata saja.
Siapkan dandang pengukus.
Ambil 1 sdm adonan siomay taruh di kulit siomay. Supaya bentuk nya sama, saya pakai cetakan bolu kukus mekar. Belum bisa bentuk seperti wiron yang rapih.
Lakukan sampai adonan habis, beri hiasan parutan wortel. Kukus selama 25 menit. Siap di sajikan bersama kol,kentang,paria yang dikukus.
Pelengkap nya telur rebus.
Penggunaan labu siam itu menurut saya selain menambah nilai gizi juga memberikan tekstur renyah pada siomay nya.
Bumbu Kacang siomay bandung NCC
Bahan bahan
500 gr kacang tanah goreng, masih panas haluskan.
3 siung bawang putih haluskan.
200 gr cabai merah,saya pakai cabai tanjung,rasa tidak pedas,warna bumbu cantik merah merona.
500 gr ubi merah kukus,saya pakai kentang kukus.
2 sdm cuka,saya ganti asam jawa.
2 sdm garam.
8 sdm gula pasir.
1,5 liter air matang.
minyak sayur secukupnya, saya pakai 50 ml.
Cara membuat
Dalam panci, campur semua bahan.
Masak sampai meletup letup, terus di aduk ya nanti bawah nya takut gosong.
Siap di sajikan bersama kecap dan perasan jeruk limau.
Hhhhmmm….aroma siomay ketika di kukus itu loh Ya Alloh buat perut keroncongan. Apalagi pas bumbu kacang nya di masak aroma nya luar biasa.
Biasanya kalau ikan laut lagi langka di pasar,saya ganti dengan daging ayam atau udang. Takaran nya sama ya jangan di kurangi atau di lebih kan. Enak juga koq, soal nya di dukung bumbu kacang yang enak banget.
Alhamdulillah berkah ilmu nya untuk Ibu Fatmah Bahalwan berserta crew nya. Walaupun selama jadi anggota millis lebih banyak menjadi silent reader. Yah belum bisa buat masakan ini itu. Rajin buka email dan web ncc, ilmu nya luar biasa.
Terima kasih ibu ibu admin, segitu saja cerita tentang Siomay Bandung NCC ini. Selamat bertugas dan jaga kesehatan ya…
Leave a Reply

